melatih otak

Ini dia, nih, beberapa gerakan untuk melatih otak supaya seimbang.

1. Gerakan silang

Caranya… angkat kaki kanan sebatas perut dan sentuh dengan tangan kiri, lakukan perlahan dan bergantian dengan kaki dan tangan yang lainnya. Lakukan sebanyak 10 – 25 kali. Gerakan ini juga bisa dilakukan sambil duduk.

Hasilnya… memperbaiki koordinasi tubuh bagian kiri dan kanan, juga memperbaiki pendengaran dan penglihatan. Gerakan silang ini bisa merangsang bagian otak yang menerima informasi dan juga bagian untuk mengungkapkannya, sehingga mempermudah proses belajar atau bekerja.

2. Menguap berenergi

Caranya… lakukan seolah-olah kita menguap, tutup mata rapat-rapat dan pijat otot-otot di sekitar persendian rahang. Menguaplah dengan suara yang dalam dan relaks saat memijat otot tersebut. Ulangi 3 – 6 kali. Sentuhlah titik-titik yang tegang di sekitar rahang, hal ini untuk menyeimbangkan tulang tengkorak dan menghilangkan ketegangan di kepala dan rahang.

Hasilnya… menguap merupakan refleks pernapasan alami yang meningkatkan peredaran udara ke otak dan merangsang seluruh tubuh. Gerakan ini juga meningkatkan perhatian dan daya tangkap penglihatan dan otot wajah pun jadi lebih relaks.

3. Pasang telinga

Hasilnya… dengan ibu jari dan telunjuk, pijat secara lembut daun telinga sambil menariknya ke luar, mulai dari ujung atas dan berakhir di cuping. Lakukan 3 – 8 kali. Bisa juga dilakukan sambil menguap berenergi.

Hasilnya… gerakan ini bisa membuat kita lebih berkonsentrasi saat bekerja di depan komputer atau alat elektronik lainnya. Fokus perhatian pun meningkat dan keseimbangan jadi jauh lebih baik, terutama ketika kita mengemudikan kendaraan.

4. Burung hantu

Caranya… pijat bahu sebelah kanan, kemudian tengokan kepala ke sebelah kanan sambil berkedip atau menutup mata. Lakukan 6 – 8 kali pijatan kemudian lakukan untuk bahu sebelah kiri.

Hasilnya… gerakan ini bisa melepaskan ketegangan tengkuk dan bahu karena stres, juga menghilangkan kekakuan akibat terlalu banyak duduk atau membaca. Peredaran darah ke otak pun jauh lebih lancar, sehingga kita jadi lebih fokus

~ oleh ynos pada Juli 31, 2007.

Tinggalkan komentar